Switch Career : Dulu MC sekarang Copywriter

Kenapa memilih switch career dari MC jadi Copywriter?

Client : BCA

Dulu saya dikenal sebagai seorang master of ceremony dan mendirikan MC Academy yang bernama RMCA tapi ketika pandemi semua berubah. Event saat itu vakum dan saya pun menghentikan RMCA demi keamanan. 

Covid jadi turning point saya untuk mempelajari skill lain di luar dunia event dan pilihan saya jatuh kepada copywriting. 

Hal ini dikarenakan saya pernah menjadi marketing untuk produk maupun service dan senang menulis artikel, maka dari itu copywriting menjadi skill yang tepat untuk saya pelajari. Berbekal buku, youtube dan ikut kursus saya mulai mengenal dunia copywriting dan mendalami dengan praktik memberikan jasa copywriting gratis untuk UMKM yang saat itu terdampak akibat covid.

Sebelum melakukan switch career saya mempertimbangkan beberapa hal : 

1. Pekerjaan apa saja yang bisa saya lakukan di mana saja tanpa terikat dengan lokasi? Hal ini menjadi penting karena saya tidak ingin memiliki pekerjaan yang tergantung pada event offline. Saya juga ingin di masa depan bisa bekerja di mana saja.

2. Bidang apa yang saya sukai? kuasai? 

3. Skill apa yang saya miliki saat ini? 

4.Berapa budget yang saya miliki untuk mempelajari skill baru?

5. Pekerjaan apa yang bisa saya pelajari secara online? Hal ini penting karena saat itu sudah covid!

6. Berapa range fee dari amatir hingga profesional?

7. Seberapa besar kebutuhan market akan profesi ini?

8. Saya harus koordinasi dengan siapa saja? 

9. Apa saja plus minus dari pekerjaan ini?

Ini adalah pertimbangan saya ketika memutuskan switch career pada saat itu dan copywriting adalah pilihan paling tepat untuk diri saya sendiri.

Saya adalah marketing untuk diri saya sendiri, bisnis saya selama 10 tahun ini dan akan mudah untuk melakukan transisi menjadi seorang profesional copywriter.

Saya sudah mengetahui tentang marketing, senang menulis kreatif jadi yang harus saya pelajari adalah tentang STORYTELLING untuk bisa STORYSELLING

Di awal belajar tentang copywriting saya menemukan jika kebanyakan buku, yotube dan podcast hanya membahas secara teoritis tanpa benar - benar memberikan gambaran bagaimana profesi copywriting ini dan apa saja yang harus saya pelajari. Maka dari itu saya memutuskan membangun The Copy Coffee agar teman - teman yang mau belajar bisa mendapatkan sumber yang informatif.

Hal yang saya pelajari setiap hari adalah riset tentang copywriting produk dari 1 industri misalnya kamu tertarik akan beauty, maka kamu coba amati bagaimana brand kecantikan menulis copywriting dalam website, marketplace dan juga caption di sosial media. Perhatikan juga bagaimana campaign yang mereka buat. 

Ingat, jika copywriting adalah seni bercerita tentang hal baik, menarik dan menyenangkan dari suatu produk atau service. Maka kamu perlu mengetahui tentang ilmu marketing, menulis kreatif serta storytelling.


Happy Learning

The Copy Coffee

Post a Comment

0 Comments